Aplikasi Senyum Kota Pangkalpinang
logo_new.png

Nama Inovasi                                     : SENYUM

Makna                                                :

“Senyum” kependekan dari "Semue Bise Nyari Informasi Umum" merupakan sebuah aplikasi layanan informasi dan sarana pengaduan masyarakat yang cepat, efektif dan efisien. Diharapkan masyarakat yang menggunakan layanan ini mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan informasi dan melakukan laporan pengaduan sehingga bisa tersenyum.

 

Keunggulan dalam pelayanan     :

Cepat : Menggunakan sistem Autroreply messages melalui aplikasi WhatsApp

Efektif : Dapat melakukan laporan pengaduan atau layanan informasi yang dibutuhkan secara langsung  kepada OPD terkait tanpa melalui walikota terlebih dahulu.

Efisien : Tepat sasaran dan tanpa perlu membuang waktu, tenaga dan biaya karena layanan ini lebih terjangkau dan dapat diakses darimana saja dan kapan saja bia Aplikasi WhatsApp

Aplikasi Senyum merupakan inovasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika yang memanfaatkan Whatsapp Gateway API. Layanan ini juga digunakan Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk memperoleh informasi seperti Informasi terkait COVID-19 terkini di Kota Pangkalpinang setiap hari, dinamika harga sembako, mengetahui persyaratan terkait pembuatan KTP, KK maupun KIA, serta informasi terkait persyaratan untuk mengajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  atau bisa juga digunakan masyarakat untuk melaporkan kejadian yang terjadi di Kota Pangkalpinang setiap hari terkait sarana, prasarana dan sebagainya. Layanan Senyum memanfaatkan autoreply chat sehingga dapat membalas pesan dengan hitungan detik secara otomatis kepada masyarakat menggunakan keyword tertentu yang telah disediakan. Melalui layanan ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh data atau informasi secara cepat tanggap, tepat dan akurat serta dapat membatu pemerintah dalam memberikan saran atau kritik maupun sebagai wadah pusat pengaduan tentang situasi yang terjadi di seputaran Kota Pangkalpinang dengan sangat mudah dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Pangkalpinang.